UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MEDIA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I KARTASURA

HANDAYANI, PURWA (2010) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN MEDIA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060155.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
A210060155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas belajar melalui kemampuan berfikir kritis. 2) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas belajar melalui media belajar. 3) Untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas belajar melalui kemampuan berfikir kritis dan media belajar Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura angkatan 2009/2010 berjumlah 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 45 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif , sumbangan efektif dan koefisien determinasi (R2). Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kemampuan berfikir kritis dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA N 1 Kartasura. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 1,456 + 0,570X1 + 0,297X2. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 6,317 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Media belajar dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA N 1 Kartasura. Berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa H0 ditolak, karena thitung > ttabel, yaitu 3,249 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Kemampuan berfikir kritis dan media belajar dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA N 1 Kartasura. Berdasarkan hasil F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 36,178 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan relatif sebesar 72,8% dan sumbangan efektif 46,1%. Variabel media belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 27,2% dan sumbangan efektif 17,2%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0.633% dan sisanya 0,367 % dipengaruhi oleh variabel yang lain. Berdasarkan besarnya sumbngan efektif nampak bahwa variabel kemampuan berpikir kritis memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kreativitas belajar dibandingkan variabel media belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, media belajar dan kreativitas belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 06:02
Last Modified: 14 Nov 2010 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8692

Actions (login required)

View Item View Item