PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010

ERNAWATI , ELY (2010) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN SIKAP SISWA DALAM MENERIMA PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060143.pdf

Download (858kB)
[img] PDF
A210060143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 79 siswa. Dalam penelitian ini tidak ada sampel sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokomentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda dengan uji t, uji F dan R2, serta sumbangan efektif dan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut Y = 59,004 + 0,314 X1 + 0,210 X2 artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) kedisiplinan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kedisiplinan belajar sebesar 4,473 sehingga thitung > ttabel atau 4,473 > 1,992 (α = 0,05) ; 2) sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel sikap siswa dalam menerima pelajaran sebesar 3,254 sehingga thitung > ttabel atau 3,254 > 1,992 (α = 0,05) ; 3) secara bersama-sama kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung sebesar 17,807 sehingga Fhitung > Ftabel atau 17,807 > 3,117 (α= 0.05). Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,319; berarti 31,9% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan belajar dan sikap siswa dalam menerima pelajaran, sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 63,5%, variabel X2 sebesar 36,5% dan besarnya sumbangan efektif untuk variabel X1 sebesar 20,3%, untuk variabel X2 sebesar 11,6%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan belajar,sikap siswa dalam menerima pelajaran dan prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 05:51
Last Modified: 14 Nov 2010 14:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8689

Actions (login required)

View Item View Item