PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JATIPURNO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

FIRSTIANA, EKA APRILIANI (2010) PENGARUH INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JATIPURNO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060121.pdf

Download (566kB)
[img] PDF
A210060121.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh intensitas komunikasi interpersonal siswa terhadap motivasi belajar siswa. 2) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. 3) Mengetahui pengaruh intensitas komunikasi interpersonal siswa dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan obyek penelitian apa adanya dan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatipurno dengan jumlah siswa sebanyak 224 siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y= 6,865 + 0,549 X1 + 0,480 X2. Persamaan menunjukan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh intensitas komunikasi interpersonal siswa dan fasilitas belajar siswa. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) intensitas komunikasi interpersonal siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 7,046 > ttabel sebesar 2,01. Intensitas komunikasi interpersonal siswa memberikan kontribusi sebesar 63,6% terhadap motivasi belajar. 2) fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan oleh harga thitung sebesar 4,770 > ttabel sebesar 2,01. Fasilitas belajar memberikan kontribusi sebesar 36,4% terhadap motivasi belajar. Intensitas komunikasi interpersonal siswa dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai F hitung > F tabel (58,54 >3,20) diterima pada taraf signifikansi 5%. Intensitas komunikasi interpersonal siswa dan fasilitas belajar memberikan kontribusi sebesar 71,4% terhadap motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, fasilitas belajar dan motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:47
Last Modified: 14 Nov 2010 15:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item View Item