Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi, Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Widodaren Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020

Latifah, Afida and , Drs. Sudarto, M.M and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd and , Drs. Samian, MM (2020) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi, Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Widodaren Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasirevisi.pdf

Download (682kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (641kB)
[img] PDF (Bab I)
bab 1.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 4) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 23,031 + 0,149 X1 + 0,154 X2 + 0,131 X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 3,350 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan relatif sebesar 20% dan sumbangan efektif 11,7%. 2) Ada pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,893 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 47% dan sumbangan efektif 27,4%. 3) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,620 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,011 dengan sumbangan relatif sebesar 33% dan sumbangan efektif 19,3%. 4) Ada pengaruh persepsi siswa tentang mata pelajaran ekonomi, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 37,458 > 2,760 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Kata Kunci: persepsi siswa, lingkungan teman sebaya, motivasi, dan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, lingkungan teman sebaya, motivasi, dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: AFIDATUL LATIFAH
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:23
Last Modified: 04 Nov 2020 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/86839

Actions (login required)

View Item View Item