PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE JIGSAW DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATURETNO (TAHUN AJARAN 2009/2010)

RUDIANSIH , DWI ANJAR ELY (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN METODE JIGSAW DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BATURETNO (TAHUN AJARAN 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060119.pdf

Download (550kB)
[img] PDF
A210060119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode jigsaw terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan metode jigsaw dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno dengan populasi seluruhnya 144 siswa. Sampel diambil sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh yang positif persepsi tentang penggunaan metode jigsaw terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,261 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh positif keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,399 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif antara persepsi tentang penggunaan metode jigsaw dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturetno (tahun ajaran 2009/2010). Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 27,875 > 3,130 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi tentang penggunaan metode jigsaw memberikan sumbangan relatif sebesar 39,9% dan sumbangan efektif 17,8%. Variabel keaktifan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,1% dan sumbangan efektif 26,9%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel keaktifan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel persepsi tentang penggunaan metode jigsaw.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi tentang penggunaan metode jigsaw, keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2010 09:50
Last Modified: 14 Nov 2010 15:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item