SETIAWATI , YULIANI (2010) PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI ASPEK MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PENUNJANG PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII UNGGULAN DAN NON UNGGULAN SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A210060110.pdf Download (220kB) |
|
PDF
A210060110.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemilihan kelas unggulan / non unggulan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara sarana penunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 4) Untuk mengetahui pengaruh anatar motivasi belajar pada siswa kelas unggulan / non unggulan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 5) Untuk mengetahui pengaruh antara kelengkapan sarana penunjang pembelajaran pada kelas unggulan / non unggulan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 6) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan sarana penunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. 7) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan sarana penunjang pembelajaran pada kelas unggulan / non unggulan pada prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 200 siswa, sedangkan sampel diambil 127 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 40 siswa untuk kelas unggulan dan 87 siswa untuk kelas non unggulan, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah proporsional stratified random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi.. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi tiga jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) Terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas unggulan dan kelas non unggulan dengan nilai signifikansi < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi < alpha, yaitu 0,000 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh pemanfaatan sarana penunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi < alpha, yaitu 0,023 < 0,05. 4) Tidak terdapat pengaruh antara pemilihan kelas (unggulan dan non unggulan) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi > alpha, yaitu 0,085 > 0,05. 5) Terdapat pengaruh antara pemilihan kelas (unggulan dan non unggulan) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi < alpha, yaitu 0,040 < 0,05. 6) Tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan pemanfaatan sarana penunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi > alpha, yaitu 0,592 > 0,05. 7) Tidak terdapat pengaruh antara pemilihan kelas (unggulan dan non unggulan), motivasi belajar dan pemanfaatan sarana penunjang pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi > alpha, yaitu 0,949 > 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemilihan kelas (unggulan dan non unggulan), motivasi belajar dan pemanfaatan sarana penunjang pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 15 Oct 2010 09:38 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 15:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8680 |
Actions (login required)
View Item |