HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010

KASARI , ADELINA FUTRI (2010) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI JURUSAN IPS SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060108.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
A210060108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dengan prestasi belajar akuntansi ; 2) hubungan antara kreativitas siswa dengan prestasi belajar akuntansi ; 3) hubungan antara kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa secara bersama-sama dengan prestasi belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis statistik untuk pengambilan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 66 siswa. Seluruh populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut penelitian populasi. Data kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa diperoleh melalui angket, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar akutansi. Angket diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F,uji t, uji R², dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 3,041 + 0,109.X1 + 0,058.X2 yang menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh kemampuan berfikir kritis dan kreativitas siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMKMuhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,784 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% ; 2) Kreativitas siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (87,867 > 3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel kemampuan berfikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 49,9%, artinya kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 49,9%. Variabel kreativitas siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 23,7%, artinya kemampuan kreativitas siswa dalam meningkatkan prestasi belajar adalah 23,7%. Secara keseluruhan variabel kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa memberikan sumbangan sebesar 73,6% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kritis, Kreativitas Siswa, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2010 09:33
Last Modified: 14 Nov 2010 15:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item