PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA CV. TRUBUS PRIMA DI GEMOLONG

HANDAYANI , LESTARI (2010) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA CV. TRUBUS PRIMA DI GEMOLONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060093.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
A210060093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi CV Trubus Prima Gemolong. 2) Untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja terhadap motivasi kerja bagian produksi CV Trubus Prima Gemolong. 3) Untuk mengetahui tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap motivasi kerja karyawan bagian produksi CV Trubus Prima Gemolong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di CV Trubus Prima Gemolong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV Trubus Prima yang berjumlah 150. Sampel diambil sebanyak 40 orang karyawan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap motivasi kerja karyawan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,195 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) ada pengaruh pengalaman kerja terhadap motivasi kerja karyawan. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,991 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) ada pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap motivasi kerja karyawan. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 26,305 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel tingkat pendidikan memberikan sumbangan relatif sebesar 42,8% dan sumbangan efektif 25,1%. Variabel pengalaman kerja memberikan sumbangan relatif sebesar 57,2% dan sumbangan efektif 33,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pengalaman kerja memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi kerja dibandingkan variabel tingkat pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pengalaman kerja dan motivasi kerja karyawan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2010 08:26
Last Modified: 14 Nov 2010 15:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item