PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JOGOROGO NGAWI

RAHAYU , RINA (2010) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENGERJAKAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JOGOROGO NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060090.pdf

Download (847kB)
[img] PDF
A210060090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh motivasi belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri I Jogorogo Ngawi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Jogorogo Ngawi yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 orang siswa dengan teknik Random Sampling undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji keberartian regresi linear berganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier berganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Jogorogo Ngawi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,677 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Jogorogo Ngawi. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,616 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Jogorogo Ngawi. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear berganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 31,523 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 22,2%. Variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memberikan sumbangan efektif 30,3%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel kemandirian dalam mengerjakan tugas memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kemandirian dalam mengerjakan tugas dan prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 08:59
Last Modified: 14 Nov 2010 15:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item