PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KREATIVITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGRAMBE NGAWI TAHUN AJARAN 2009/2010

ERNAWATI , ERNAWATI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KREATIVITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP N 1 NGRAMBE NGAWI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060083.pdf

Download (758kB)
[img] PDF
A210060083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui pegaruh metode pembelejaran NHT dan kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII B SMP N I Ngrambe tahun ajaran 2009/2010 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N I Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diamati adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran NHT dan kreativitas dapat meningkat pada siswa kelas VIII B SMP Negeri I Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2009/2010. Aktivitas siswa dengan menggunakan metode NHT meningkat dari 51,7% pada kondisi awal menjadi 68,6% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,2% pada akhir siklus II, dan mencapai 95,3% setelah siklus III. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa metode NHT terhadap hasil belajar siswa mencapai 43,6%. kreativitas pada siswa kelas VIII B SMP Negeri I Ngrambe Ngawi tahun pelajaran 2009/2010. Kreativitas siswa meningkat dari 55,8% pada kondisi awal menjadi 78,1% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 86,7% pada akhir siklus II, dan mencapai 93,1% setelah siklus III. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa kreativitas belajar siswa meningkat mencapai 37,2%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran NHT, kreativitas belajar, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 08:54
Last Modified: 14 Nov 2010 15:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8669

Actions (login required)

View Item View Item