PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA I DITINJAU DARI SIKAP MAHASISWA DALAM MENERIMA MATERI AKUNTANSI BIAYA I DAN INTENSITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007

WAHYUNINGTYAS, AGUSTINA (2010) PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI BIAYA I DITINJAU DARI SIKAP MAHASISWA DALAM MENERIMA MATERI AKUNTANSI BIAYA I DAN INTENSITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA ANGKATAN 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060079.pdf

Download (704kB)
[img] PDF
A210060079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap mahasiswa dalam menerima materi AKB I terhadap prestasi belajar AKB I; 2) apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas belajar terhadap prestasi belajar AKB I; 3) apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sikap mahasiswa dalam menerima materi AKBI dan intensitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar AKB I. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2007 yang sudah menempuh mata kuliah AKB I sejumlah 167 mahasiswa. Sampel diambil 50 orang menggunakan teknik quota random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji keberartian regresi linear berganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier berganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 0,037 + 0,030X1 + 0,035X2, artinya prestasi belajar AKBI dipengaruhi oleh tinggi rendahnya sikap mahasiswa dalam menerima materi AKB I dan intensitas belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) sikap mahasiswa dalam menerima materi AKB I berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKB I. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 2,832 > 2,012 (α = 0,05); 2) Intensitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKB I. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel intensitas belajar sebesar 3,288, sehingga thitung > ttabel atau 3,288 > 2,012(α = 0,05); 3) sikap mahasiswa dan intensitas belajar bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar AKB I. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan Fhitung > Ftabel atau 17,789 > 3,195 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,431, berarti 43,1% prestasi belajar AKB I dipengaruhi oleh variabel sikap mahasiswa dan intensitas belajar dan masih ada 56,9% dipengaruhi variabel lain di luar variabel yang diteliti; 5) Sumbangan efektif variabel sikap mahasiswa (X1) sebesar 19,4 % terhadap prestasi belajar AKB I dan sumbangan efektif variabel intensitas belajar (X2) sebesar 23,7% terhadap prestasi belajar AKB I, atau X1 dan X2 memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 43,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap-mahasiswa, intensitas-belajar, prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 08:51
Last Modified: 14 Nov 2010 15:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8668

Actions (login required)

View Item View Item