PENGELOLAAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG (STUDI SITUS DI SMK SUDIRMAN 1 WONOGIRI)

Cahyaningsih, Tri Retno (2010) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF PADA SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG (STUDI SITUS DI SMK SUDIRMAN 1 WONOGIRI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100070502.pdf

Download (238kB)
[img] PDF
Q100070502.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran yang kreatif adalah suatu proses pembelajaran yang menciptakan suasana proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak menimbulkan kebosanan pada siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pengelolaan pembelajaran yang kreatif pada siklus akuntansi perusahaan dagang di SMK Sudirman 1 Wonogiri. Tujuan penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan upaya pengelolaan pembelajaran yang kreatif meliputi; 1). bagaimana karakteristik materi siklus akuntansi perusahaan dagang dalam pengelolaan pembelajaran yang kreatif, (2). Bagimana karakteristik hubungan interaksi antara guru dan siswa dalam pengelolaan pembelajaran yang kreatif pada siklus akuntansi perusahaan dagang (3).bagaimana karakteristik strategi pengelolaan pembelajaran yang kreatif pada siklus akuntansi perusahaan dagang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yang mengambil lokasi di SMK Sudirman 1 Wonogiri. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka kurilulum, Kaprog Akuntansi, guru program keahlian akuntansi, siswa program keahlian akuntansi dan guru bimbingan konseling. Peristiwa dalam penelitian ini proses pembelajaran yang kreatif dalam upaya menciptakan pembelajaran yang dapat menimbulkan suasana pembelajaran yang menyenangkan sedang dokumen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah dokumen yang erkaitan dengan catatan-catatan, foto yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang kreatif. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian dapat dikemukakan berikut ini: 1). Kara kteristik Materi Siklus akuntansi perusahaan dagang memberikan ketrampilan dan keahlian berupa (a) mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis informasi, (b) mengkomunikasikan ide dan informasi,(c)merencanakan dan mengorganisasikan kegiatan, d) bekerja sama dengan orang lain dan dalam kelompok, (e) menggunakan ide dan teknik matematika, (f) memecahkan masalah, dan (g) menggunakan teknologi. 2). Karakteristik Hubungan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran adalah kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi, dimana guru sebagai pihak yang mengajar dan siswa sebagai pihak yang belajar. 3) Karakteristik Strategi Pengelolaan Pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang dapat dilakukan secara kreatif. Tahapan pengelolaan pembelajaran yang kreatif adalah a). Melakukan perencanaan pembelajaran yang kreatif secara baik, b). Melakukan pelaksanaan pembelajaran yang kreatif secara baik, c). Melakukan evalusi pembelajaran yang kreatif secara baik, d).Melakukan tindak evaluasi pembelajaran yang kreatif secara baik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran , kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Oct 2010 09:36
Last Modified: 14 Nov 2010 15:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8661

Actions (login required)

View Item View Item