PENGARUH INTELEGENSI SISWA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010

HARYONO, ESKASARI YAN (2010) PENGARUH INTELEGENSI SISWA DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060044.pdf

Download (533kB)
[img] PDF
A210060044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Intellegensi siswa terhadap hasil belajar Ekonomi; 2) pengaruh Kemampuan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi; 3) pengaruh intellegensi siwa dan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 216 siswa. Sampel diambil sebanyak 54 siswa dengan teknik proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Intellegensi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2009/2010. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 6,385 diterima pada taraf signifikansi 5%; 2) Interaksi sosial siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2009/2010. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai thitung sebesar 5,279 diterima pada taraf signifikansi 5%; 3) Intellegensi siswa dan Interaksi sosial siswa berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Teras tahun ajaran 2009/2010. Diperoleh dari hasil analisis regresi dengan nilai Fhitung sebesar 81,072 diterima pada taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = 59,868 + 1,022.X1 + 0,695.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Intellegensi siswa dan Interaksi sosial siswa. Variabel Intellegensi siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 56% dan sumbangan efektif 42,6%. Variabel Interaksi Sosial Siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 44% dan sumbangan efektif 33,5%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif dapat dikatakan bahwa variabel Intellegensi siswa memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap hasil belajar ekonomi dibandingkan variabel Interaksi sosial siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intellegensi siswa, Interaksi Sosial dan Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:37
Last Modified: 14 Nov 2010 15:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item View Item