UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ZAWANI, SITI CHABIBAH (2010) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210060039.pdf

Download (406kB)
[img] PDF
A210060039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar. Rendahnya prestasi belajar merupakan indikasi pembelajaran belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan model yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran Time Games Tournament (TGT). Model pembelajaran ini banyak melibatkan siswa secara langsung dalam mengerjakan soal-soal serta keterlibatan teman sebaya dalam kelompok-kelompok belajar di kelas untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran Time Games Tournment (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa pada siswa kelas X SMA Al Islam Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X semester genap SMA Al Islam Surakarta yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 16 siswa putra dan 24 siswa putri, dengan menggunakan pembelajaran Time Games Tournament (TGT). Presentase hasil belajar pada siklus I yaitu siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebesar 77,5%, siklus II siswa yang mendapatkan nilai > 68 sebesar 85%, dan pada siklus ke III siswa yang mendapatkan nilai >70 sebesar 99,5%. Hasil ini menunjukkan prestasi belajar siswa sudah tercapai berdasarkan parameter peningkatan hasil belajar yang ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai > 65 pada siklus I, 80% siswa memperoleh nilai > 68 pada siklus II, dan 85% siswa memperoleh nilai > 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Time Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi Siswa Kelas X di SMA Al Islam 3 Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan prestasi belajar dan pembelajaran kooperatif Time Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:29
Last Modified: 14 Nov 2010 15:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item