PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA AL - ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010

KUSUMAWARDHANI , AGAMILLA WARENDA (2010) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA AL - ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060037.pdf

Download (522kB)
[img] PDF
A210060037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perbedaan pendekatan kontekstual dan konvensional terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS di SMA AL ISLAM 3 Surakarta.. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA, yaitu 70 siswa, sedangkan sampel diambil 58 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 28 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunkan angket dan dokumentasi.. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan bahwa prestasi belajar dengan menggunakan metode contextual teaching learning lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA AL ISLAM 3 Surakarta Tahun ajaran 2009/2010”. Dari uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,202 > 2,003 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,032

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran CTL, metode pembelajaran konvensional dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:26
Last Modified: 14 Nov 2010 15:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item