PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

FITRIANA , SARI (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI THINK-PAIR-SHARE DENGAN RANCANGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060030.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
A210060030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa kelas XI SMA dengan menggunakan pendekatan struktural TPS. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, sedangkan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru akuntansi dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui dua alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses, untuk selanjutnya diambil melalui latihan-latihan soal setiap putaran selama dua putaran. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan kualitas belajar siswa yang dilihat dari peningkatan motivasi yang meliputi 1) keaktifan siswa dalam belajar dengan aspek a) keaktifan bertanya meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 50% diakhir tindakan b) keaktifan menjawab pertanyaan meningkat dari 9,37% sebelum tindakan menjadi 46.87% diakhir tindakan c) keaktifan mengemukakan pendapat meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 53,12% diakhir tindakan, 2) perhatian siswa dan perhatian dalam belajar dengan aspek a) mengerti dan melakukan langkah TPS meningkat dari 0% sebelum tindakan menjadi 43.75% diakhir tindakan b) dapat bekerjasama dalam kelompok meningkat dari 6,25% sebelum tindakan menjadi 37.5% diakhir tindakan. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari 13.62% sebelum tindakan menjadi 100% diakhir tindakan. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi melalui pendekatan struktural TPS dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas-belajar, pendekatan-struktural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:08
Last Modified: 14 Nov 2010 15:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8631

Actions (login required)

View Item View Item