EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO

MUTIAH , LITA (2010) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI I SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060028.PDF

Download (70kB)
[img] PDF
A210060028.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran akuntansi melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui strategi pembelajaran snowball drilling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 128 siswa. Sampel diambil sebanyak 64 siswa dari kelas IPS III dan IPS IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat adanya perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan strategi snowball drilling dengan siswa yang diberi pengajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,0425 dan ttabel = 2,042, karena thitung > ttabel, berarti bahwa strategi snowball drilling lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai lebih tinggi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, strategi pembelajaran, snowball drilling dan hasil belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 09:01
Last Modified: 13 Nov 2010 05:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8629

Actions (login required)

View Item View Item