PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

SARASWATI, NURVIYAN DEVI (2010) PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060025.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
A210060025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 3) Mengetahui pengaruh kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 4) Mengetahui pengaruh minat belajar siswa, kemandirian belajar siswa dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang bermaksud menggambarkan obyek penelitian apa adanya dan melakukan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 Sukoharjo dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa (4 kelas). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 40 siswa dengan teknik Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket yang disusun terlebih dahulu diuji cobakan dan diuji validitas serta reliabilitas untuk mengetahui tingkat kesahihan dan keandalan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, Uji R2 dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Berdasarkan hasil analilisis regresi linear diperoleh persamaan Y=18,631 + 0,642 X1 + 0,169X2 + 0,610X3. Persamaan menunjukan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat belajar,kemandirian belajar siswa dan kepedulian orang tua. Berdasarkan hasil diatas dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung 2,220(p=0,033<0,05). Minat belajar memberikan kontribusi sebesar 29,17% terhadap prestasi belajar. 2) kemandirian belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung 0,583 (p=0,564<0,05). Kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 8,11% terhadap prestasi belajar. 3) kepedulian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai t hitung 2,367(p=0,023<0,05). Kepedulian orang tua memberikan kontribusi sebesar 25,38% terhadap prestasi belajar. Minat belajar, kemandirian belajar dan kepedulian orang tua secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai F hitung > F tabel (20,142>2,84) diterima pada taraf signifikansi 5%. Minat belajar, kemandirian belajar dan kepedulian orang tua memberikan kontribusi sebesar 62,76% terhadap prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, kemandirian belajar ,kepedulian orang tua, prestasi belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2010 08:55
Last Modified: 14 Nov 2010 15:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item