PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET ALFAMART A. YANI WONOGIRI TAHUN 2009/2010

MIPASARI , RAHMAH EL CALCULUSIA MIPASARI (2010) PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MINIMARKET ALFAMART A. YANI WONOGIRI TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060009.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A210060009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh tata letak produk terhadap kepuasan konsumen; 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen; 3) pengaruh tata letak produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang penarikan kesimpulannya didasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen minimarket Alfamart A. Yani Wonogiri. Sampel diambil sebanyak adalah 100 orang konsumen yang diambil dengan teknik convenience sampling. Data tata letak produk, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen diperoleh melalui angket. Angket tersebut sebelumnya diujicobakan, diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan garis regresi: Y = 52,259 + 0,771.X1 + 0,898.X2. Persamaan menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tata letak produk dan kualitas pelayanan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Tata letak produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Minimarket Alfamart A. Yani Wonogiri. Hasil uji t yang memperoleh thitung sebesar = 6,748 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi tata letak produk terhadap kepuasan konsumen adalah 17,1%; 2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Minimarket Alfamart A. Yani Wonogiri. Hasil uji t yang memperoleh thitung sebesar = 7,898 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 35,2%; 3) Tata letak produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Minimarket Alfamart A. Yani Wonogiri. Terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 94,589 diterima pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi yang diperoleh. Tata letak produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 66,1%, sedangkan 33,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya lokasi toko, harga produk, promosi, dan sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tata letak produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:40
Last Modified: 14 Nov 2010 15:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8612

Actions (login required)

View Item View Item