PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KLAS VIII (Studi Situs SMP N 1 Blora)

SURADJI, SURADJI (2010) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KLAS VIII (Studi Situs SMP N 1 Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100080049.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
Q100080049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik penggunaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora, (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik perawatan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Blora.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistic (utuh). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Blora, dengan beberapa pertimbangan. Pertama bahwa SMP Negeri 1 Blora merupakan sekolah yang dekat dengan tempat kerja peneliti, SMP Negeri 1 Blora merupakan sekolah yang mempunyai team work yang bagus, SSN Akreditas A, dan juara OSN tingkat Nasional menuju RSBI.Hasil penelitian: (1) Pengadaan media pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Blora brdasarkan perencanan kebutuhan dengan cara megajukan perencanaan mengau pada rencana pembelajaran yang telah dibuat dalam bentuk proposal. Pengadaan dilakukan oleh Tim pengadaan yang ditunjuk oleh Kepala sekolah, (2) Penggunaan media pembelajaran diharuskan oleh Kepala Sekolah guna membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap inti pembelajaran yang direncanakan oleh oleh guru. Pengelolaan penggunaan media pembelajaran ditunjuk organisasi laboratorium dipimpin oleh koordinator laboratorium yang bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah. Guru menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa, namun tidak semua guru memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan mengajukan melalui nota peminjaman yang dubuat oleh guru, pelaksanaan pengelolaan peminjaman merupakan tugas dari laboran, (3) Peliharaan media pembelajaran IPA SMP N 1 Blora dilakukan oleh guru, laboran dan siswa. Perawatan terhadap kerusakan ringan dilakukan oleh guru dan laboran. Sedangkan perawatan terhadap kerusakan yang berat dilakukan oleh pihak luar, perawatan media dilakukan secara terus menerus, berkala, dan darurat. pemeliharaan dilakukan dengan selalu tetap menjaga kebersihan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan, Penggunaan, Perawatan, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:36
Last Modified: 14 Nov 2010 15:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item