PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010

YANTI , DAMAR (2010) PENGARUH KEANDALAN, DAYA TANGGAP DAN PERHATIAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK PASAR BOYOLALI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210060004.pdf

Download (371kB)
[img] PDF
A210060004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel keandalan (reliability) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel daya tanggap (responsiveness) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari variabel perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali; 4) Untuk mengetahui adanya pengaruh secara bersama-sama antara variabel keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness) dan perhatian (emphaty) terhadap kepuasan nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Sampel diambil sebanyak 50 nasabah PD. BPR Bank Pasar Boyolali tahun 2010. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,550 dengan taraf signifikansi 5%; 2) Daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 3,244 taraf signifikansi 5%; 3) Perhatian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh thitung sebesar 2,826 dengan taraf signifikansi 5%; 4) Kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 23,131 dengan taraf signifikansi 5%; Persamaan regresi: Y = -13,438 + 0,433 X1 + 0,474 X2 + 0,464 X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa kehandalan, daya tanggap dan perhatian secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel kehandalan sebesar 27,17% dan sumbangan efektifnya sebesar 16,34%. Untuk variabel daya tanggap mempunyai sumbangan relatif sebesar 38,49% dengan sumbangan efektif sebesar 23,15% dan untuk variabel perhatian mempunyai sumbangan relatif sebesar 34,34% dengan sumbangan efektif sebesar 20,65%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keandalan, daya tanggap, perhatian dan kepuasan nasabah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:21
Last Modified: 14 Nov 2010 15:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item