ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA KREDIT PADA PD. BKK KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2010

SUTRISNO, MEDUK ALI (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA KREDIT PADA PD. BKK KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210050153.pdf

Download (256kB)
[img] PDF
A210050153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh antara pelayanan terhadap minat konsumen untuk menggunakan jasa kredit. 2) Pengaruh antara suku bunga terhadap minat konsumen untuk menggunakan jasa kredit. 3) Pengaruh antara produk kredit perusahaan terhadap minat konsumen untuk menggunakan jasa kredit. 4) Pengaruh secara bersama-sama antara pelayanan, suku bunga dan produk kredit perusahaan terhadap minat konsumen untuk menggunakan jasa kredit. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di PD. BKK kecamatan Nguntoronadi kabupaten Wonogiri. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah yang mengambil kredit BKK Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri tahun 2010 yang berjumlah 440 orang. Sampel diambil sebanyak 110 nasabah dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis diperoleh persamaan regresi : Y = -6,008 + 0,360X1 + 0,497X2 + 0,412X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa jasa kredit dipengaruhi oleh pelayanan, suku bunga dan produk kredit. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 91,197 > 2,690 (taraf signifikansi 5%) berarti antara pelayanan, suku bunga dan produk kredit secara bersama-sama berpengaruh terhadap jasa kredit. Berdasarkan uji t untuk variable pelayanan diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,397 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, variable suku bunga, diperoleh thitung > ttabel, yaitu 8,887 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Variable produk ktredit diperoleh thitung > ttabel, yaitu 7,232 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. berarti ketiga faribel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap jasa kredit. Variabel pelayanan memberikan sumbangan efektif 18,6%, variabel suku bunga memberikan sumbangan efektif 30,9% dan variabel produk kredit perusahaan memberikan sumbangan efektif 22,6%. Jadi total sumbangan efektif ketiga variabel adalah 72,1% dan masih ada 27,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Suku bunga, Produk Kredit dan Minat konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 09:01
Last Modified: 14 Nov 2010 15:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item