PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN PARTISIPASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 KARTASURA

SUWARDANI , SUWARDANI (2010) PENGARUH KOMUNIKASI GURU DAN PARTISIPASI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 2 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A210040080.pdf

Download (51kB)
[img] PDF
A210040080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh komunikasi guru terhadap kinerja guru.; 2) pengaruh partisipasi guru terhadap kinerja guru.; 3) pengaruh komunikasi dan partisipasi guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP N 2 Kartasura yang berjumlah 50 orang. Seluruh populasi diambil sebagai sampel, sehingga disebut penelitian populasi. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling karena seluruh populasi diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y = 42,143 + 0,991.X1 + 0,970.X2. Artinya kinerja guru dipengaruhi oleh komunikasi dan partisipasi guru. Berdasarkan hasil di atas, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Komunikasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 4,285 > 2,021 pada taraf signifkansi 5%; 2) Partisipasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 5,262 > 2,021 pada taraf signifkansi 5%; 3) Komunikasi guru dan partisipasi guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 32,865 > 3,23 pada taraf signifikansi 5%; 4) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa komunikasi guru dan partisipasi guru dapat meningkatkan kinerja guru sebesar 58,3%, sedangkan 41,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya kepemimpinan kepala sekolah, sarana dan prasarana belajar, motivasi kerja, dan sebagainya; 5) Variabel komunikasi guru memberikan sumbangan efektif 24,6%, sedangkan variabel partisipasi guru memberikan sumbangan efektif 33,7% terhadap kinerja guru usaha. Jadi secara keseluruhan variabel komunikasi guru dan partisipasi guru memberikan sumbangan sebesar 58,3% terhadap kinerja guru. Kemudian di antara kedua variabel tersebut dapat diketahui bahwa variabel partisipasi guru memberikan pengaruh dominan terhadap kinerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, partisipasi, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2010 08:11
Last Modified: 14 Nov 2010 16:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item