Potensi Formulasi Pasta Gigi Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper Betle L.), Biji Pinang (Areca Catechu), Gambir (Uncaria Gambir) dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus

Rahmat, Rifdah Afifah and , drg. Nilasary Rochmanita S, MDSc (2020) Potensi Formulasi Pasta Gigi Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper Betle L.), Biji Pinang (Areca Catechu), Gambir (Uncaria Gambir) dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Plak gigi merupakan salah satu permasalahan gigi dan mulut yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu bakteri penyebabnya adalah Staphylococcus aureus. Pembuangan plak secara mekanis merupakan metode yang efektif, metode ini berupa penyikatan gigi. Untuk mengoptimalisasi penyikatan gigi perlu menggunakan pasta gigi, yang di dalamnya ditambahkan suatu zat yang bersifat antibakteri kedalam pasta gigi. Zat kimia yang dimaksud adalah bahan herbal seperti daun sirih, biji pinang, dan gambir. Daun sirih, biji pinang, dan gambir bila diekstraksikan mengandung senyawa antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Tinjauan pustaka: Pasta gigi adalah sediaan pasta yang digunakan bersama sikat gigi untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut serta memiliki berbagai komposisi yang berkerja sesuai dengan fungsinya. Beberapa bahan herbal yang dapat dimasukkan dalam komposisi pasta gigi adalah daun sirih, biji pinang dan gambir karena memiliki senyawa antibakteri seperti fenol, flavonoid, katekin dan tanin. Bahan herbal ini dapat menghambat salah satu bakteri yang terdapat pada plak yaitu Staphylococcus aureus. Senyawa antibakteri tersebut dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dengan kemampuan antibakteri yang dikategorikan kuat. Kesimpulan : Pasta gigi herbal antibakteri berbahan aktif ekstrak etanol daun sirih, biji pinang, dan gambir dapat menghambat pertumbuhan salah satu bakteri penyebab plak gigi yaitu Staphylococcus aureus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pasta gigi; daun sirih; biji pinang; gambir; Staphylococcus aureus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: RIFDAH AFIIFAH RAHMAT
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:02
Last Modified: 04 Sep 2020 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85858

Actions (login required)

View Item View Item