PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 04 SAMBI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

NOVIAWATI , ISMI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 04 SAMBI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060085.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
A420060085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan strategi pembelajaran Bowling Kampus untuk materi pokok struktur dan jaringan pada tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIIIA meningkat, baik aspek kognitif maupun aspek afektif. Pada siklus I, nilai rata-rata aspek kognitif meningkat 11,21 menjadi 61,37 dari nilai awal 50,16. Nilai rata-rata aspek afektif, poin kehadiran di kelas sebesar 100, poin membaca buku sebesar 79,06, poin mendengarkan penjelasan guru sebesar 55,81, poin menjawab pertanyaan sebesar 27,90 dan poin kerjasama 48,83 sedangkan untuk nilai awal guru tidak mengevaluasinya. Pada siklus II, nilai rata-rata aspek kognitif meningkat 14,67 menjadi 76,04 dari nilai rata-rata siklus I sebesar 61,37. Hal ini menunjukkan bahwa target pembelajaran sebesar 75% telah tercapai. Nilai rata-rata aspek afektif juga meningkat dari siklus I, poin kehadiran di kelas sebesar 100 (tetap), poin membaca buku meningkat menjadi 90,69, poin mendengarkan penjelasan guru meningkat menjadi 83,72, poin menjawab pertanyaan meningkat menjadi 55,81 dan poin kerjasama meningkat menjadi 76,74. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Bowling Kampus dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 04 Sambi tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar biologi, strategi Bowling Kampus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2010 03:11
Last Modified: 14 Nov 2010 16:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item View Item