PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

WAHYUNI , WAHYUNI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060069.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
A420060069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, 2) meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Role Playing. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 41 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data motivasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, diperoleh nilai rata-rata motivasi nbelajar siswa sebesar 54,71 atau 56,99% (kategori rendah). Motivasi belajar siswa yang rendah menyebabkan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa belum optimal yaitu sebesar 58,41; di bawah SKM. Setelah diterapkan strategi pembelajaran Role Playing diperoleh hasil yaitu siklus I, nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 57,07 atau 59,45% (kategori rendah), dan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61,59. Setelah dilakukan tindakan yang direvisi, pada siklus II diperoleh hasil yaitu motivasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 67,00 atau 69,79% (kategori cukup tinggi), diikuti dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat menjadi 68,05. Setelah dilakukan tindakan direvisi, pada siklus III diperoleh hasil yaitu motivasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 75,98 atau 79,15% (kategori tinggi), diikuti dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat menjadi 75,37. Siklus dihentikan karena hasil yang diperoleh siswa telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Role Playing, Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 07:30
Last Modified: 14 Nov 2010 16:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item