EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA KONSEP ORGANISSI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 24 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

PRAMESTI , UKHY DESTI (2010) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA KONSEP ORGANISSI KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 24 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060062.pdf

Download (122kB)
[img] PDF
A420060062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Salah satu materi pokok dalam pembelajaran biologi adalah organisasi kehidupan dengan menggunakan metode ceramah yang selama ini masih dipakai sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dalam belajar yang berpengaruh pada hasil belajar pula. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan penerapan teknik pembelajaran kooperatif make a match. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas teknik pembelajaran kooperatif Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok organisasi kehidupan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 24 Surakarta tahun ajaran 2009/2010. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisa data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III yang dilengkapi dengan regresi linier. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa dari aspek kognitif 5,9, dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,8, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,2, dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 7,8. Kemudian untuk aspek afektif, pada siklus I sebesar 9,9 berarti kurang berminat, pada siklus IIsebesar 13,76 berarti cukup berminat, dan pada siklus III sebesar 17,6 berarti berminat. Dengan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,62 point atau 62%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran kooperatif Make a Match meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 24 Surakarta tahun Ajaran 2009/2010 sebesar 0,67 point atau 67%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kooperatif, teknik pembelajaran Make a Match, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 07:13
Last Modified: 14 Nov 2010 16:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8554

Actions (login required)

View Item View Item