PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN BERBAGAI METODE MENGAJAR MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY TERPIMPIN DI SMP NEGERI 2 GATAK TAHUN AJARAN 2009 / 2010

PARWANTI , DWI SRI (2010) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN BERBAGAI METODE MENGAJAR MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY TERPIMPIN DI SMP NEGERI 2 GATAK TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060054.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
A420060054.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa biologi pada materi Peran Manusia Didalam Pengelolaan Lingkungan menggunakan pendekatan discovery terpimpin melalui 3 metode yaitu eksperimen, demonstrasi dan ceramah pada siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2009 / 2010. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni karena penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari “sesuatu” yang dikenakan pada subyek yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan melalui proses kerja kolaborasi atas kerja sama antara kepala sekolah, guru biologi, dan peneliti di lingkungan sekolah. Diskusi bersama antara peneliti dan guru biologi dikembangkan dalam setiap penyusunan perencanaan berikutnya dan diskusi berdasarkan hasil siklus yang telah dilakukan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII ( E,F,G,H,I) SMP Negeri 2 Gatak, sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2009/2010 sebanyak tiga kelas yang sama variansinya. Variansi tersebut dihitung dari rata-rata kelas nilai UAS siswa kelas VII pada semester gasal yang mempunyai kesamaan yaitu berkisar antara 55 sampai 60. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors. Data dianalisis dengan menggunakan anava satu jalan dilanjutkan dengan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Ada pengaruh penerapan pendekatan discovery dalam pembelajaran Biologi terhadap hasil belajar biologi materi pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa biologi pada materi Peran Manusia Didalam Pengelolaan Lingkungan menggunakan pendekatan discovery terpimpin melalui 3 metode yaitu eksperimen, demonstrasi dan ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery, eksperimen, demonstrasi, ceramah, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 03:10
Last Modified: 17 Jan 2019 08:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8551

Actions (login required)

View Item View Item