PENGAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DALAM PENINGKATAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Penelitian Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sragen)

HIDAYAT , TRI NUR (2010) PENGAJARAN REMEDIAL BERDASARKAN DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DALAM PENINGKATAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA (Penelitian Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060052.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
A420060052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pengajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan belajar berbentuk Refutation text dan Supervisi terhadap peningkatan pencapaian prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia. (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan antara proporsi keberhasilan pengajaran remedial berbentuk Refutation text dan Supervisi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri I Sragen tahun ajaran 2009-2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4, IPA5, IPA6. Dan sampel yang diambil pada penelitian ini adalah IPA 6. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa adalah AUM-PTSDL yang telah di modifikasi dengan pokok bahasan sistem gerak pada manusia. Teknik analisi data yang digunakan adalah teknik analisis statistic nonparametric yaitu Chi-Kuadrat dan menggunakan Uji T. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) ada pengaruh pengajaran remedial berdasarkan diagnosis kesulitan belajar berbentuk Refutation text dan Supervisi terhadap peningkatan pencapaian prestasi belajar siswa pada pokok bahasan system gerak pada manusia( Pada Refutation text menjadi rata-rata 77,8 atau meningkat sebesar 23,6 dari pretest, sedangkan dari Supervisi menjadi rata-rata 71,4 atau meningkat 17,2 dari pretest). (2) Ada perbedaan antara proporsi keberhasilan pengajaran remedial berbentuk Refutation text dan Supervisi (dengan uji thitung > ttabel yaitu 13,889 > 2,042), dieproleh hasil pengejaran remedial dengan Refutation Text (77,778) memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pengajaran remedial Supervisi (71,389).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai siswa, menggunakan Refutation text dan Supervisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 03:06
Last Modified: 14 Nov 2010 16:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item