PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Riyani, Rismiati Indah (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060043.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A420060043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan penguasaan konsep biologi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi kualitas proses pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus I (Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran = 70% dengan indikator yang telah ditentukan, rata-rata capaian indikator suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung = 90,83%, dan ketuntasan prestasi belajar siswa = 92,86% (kategori berhasil)). Kualitas proses pembelajaran pada siklus II (Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran = 79,58% dengan indikator yang telah ditentukan, rata-rata capaian indikator suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung = 99,17%, dan ketuntasan prestasi belajar siswa = 100% (kategori berhasil)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan penguasaan konsep biologi hal ini ditinjau dari tiga aspek yaitu keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, dan ketuntasan prestasi belajar pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Proses, Penguasaan Konsep, Model pembelajaran Group Investigation (GI), Media Macromedia Flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 02:48
Last Modified: 14 Nov 2010 16:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8545

Actions (login required)

View Item View Item