PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PUTRI, PRIHUTAMI WINANTI (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420060042.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
A420060042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X.7 dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi pada setiap siklusnya. Analisis data dari penelitian ini dengan cara diskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I samai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan kelas sebesar 48,64% dan setelah dilakukan tindakan kelas rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 61,70%, rata-rata siklus II meningkat menjadi 73,52%. Sedangkan untuk aspek afektifnya siklus I didapat rata-rata untuk setiap kategori adalah sebagai berikut membaca buku pada siklus I sebesar 59,1% kemudian yang mengikuti jalannya diskusi 100% karena siswa masuk semua, mengusulkan pendapat 29,54%, yang mendiskusikan dalam 1 kelas sebesar 63,64%, kategori menjelaskan sebesar 56,81%, menjawab pertanyaan sebesar 50%, sedangkan absensi sebesar 100% karena siswa masuk semua, dan keaktifan bertanya diperoleh sebesar 45,45%. Dari data untuk siklus II aspek afektifnya dilihat dari kategori membaca buku meningkat 79,54%, mengikuti diperoleh hasil tetap 100%, mengusulkan pendapat meningkat menjadi 70,45%, mendiskusikan materi meningkat 81,82%, sedangkan menjelaskan bahan yang didiskusikan meningkat 72,72% kemudian untuk menjawab juga meningkat 70,45%, absensi karena siswa hadir rata-rata yang diperoleh masih tetap sebesar 100%, dan keaktifan bertanya meningkat 72,72%. Karena target ketuntasan hasil belajar sampai 70% Sehingga siklus berhenti ada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Constextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X.7 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Constextual Teaching and Learning, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2010 02:44
Last Modified: 14 Nov 2010 16:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8544

Actions (login required)

View Item View Item