Perencanaan MEP ( Mechanical, Electrical Dan Plumbing ) Gedung Baru 7 Lantai Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Azhari, Yogi and , Hasyim Asy’ari, S.T., M.T. (2020) Perencanaan MEP ( Mechanical, Electrical Dan Plumbing ) Gedung Baru 7 Lantai Di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASIasa.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf

Download (235kB)

Abstract

Kampus merupakan suatu sarana pendidikan yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa di Indonesia. Demi meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam proses kegiatan akademik mahasiswa dibangunlah gedung baru Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur yang mempunyai 7 lantai dengan total luas gedung 11.648 m2. Demi menghasilkan sistem instalasi gedung yang aman dan handal, diperlukan perencanaan MEP ( mechanical, electrical dan plumbing ) sesuai standar. Penentuan kebutuhan instalasi dilakukan metode perhitungan dalam perencanaan sistem MEP ( mechanical, electrical dan plumbing ) dengan menggunakan program Microsoft Excel dan penggambaran single line diagram dengan bantuan program AutoCad. Software AutoCad digunakan untuk menggambar desain instalasi, diagram single line dan sistem MEP berdasarkan perhitungan titik lampu, stop kontak, kapasitas AC, kebutuhan air bersih yang diketahui dari hasil perhitungan software Microsoft Excel. Perencanaan ini bertujuan untuk menentukan desain instalasi dan mekanikal agar menghasilkan sistem instalasi gedung yang aman dan berkualitas. Total kebutuhan pendingin ruangan pada gedung UMKT sebesar 5.479.036 Btu/h dengan total daya AC mencapai 284,29 kW dan arus total AC adalah 1520,22 A yang dibagi pada fasa R 504,202 A, S 488,852 A dan T 527,8 A. Kebutuhan air bersih dan air hydrant sebesar 932 m3 yang ditampung dalam ground tank dengan ukuran dimensi panjang 14 m, lebar 8 m, tinggi 3,5 m dan kapasitas roof tank sebesar 22,5 m3. Pompa yang terpasang untuk kebutuhan penyediaan air bersih adalah transfer pump, booster pump, electric hydrant pump dan jockey pump. Hasil perhitungan dalam perencanaan elektrikal menunjukkan total arus beban tertinggi 685,11 A dengan MCCB 3 fasa 800 A sebagai pengaman pada panel utama dan jenis penghantar menggunakan kabel NYY 2x4x185 mm2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Autocad, Electrikal, Mekanikal, Plumbing, Perencanaan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: YOGI AZHARI
Date Deposited: 21 Aug 2020 11:26
Last Modified: 21 Aug 2020 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85425

Actions (login required)

View Item View Item