UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

Timory , Shita Dwika Ratna (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS X-1 SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060301.pdf

Download (160kB)
[img] PDF
A310060301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dengan metode investigasi kelompok, (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dengan metode investigasi kelompok. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis argumentasi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) penerapan metode investigasi kelompok dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan presentasi keaktifan, perhatian, kosentrasi, minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi yang mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 42%,siswa yang perhatian dan kosentrasi sebesar 84%, dan siswa yang berminat dan termotivasi sebesar 52%. Pada siklus II siswa yang aktif sebesar 84%, siswa yang perhatian dan kosentrasi sebesar 94%, dan siswa yang berminat dan termotivasi sebesar 94%, (2) penerapan metode investigasi kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis argumentasi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata pada tiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 72,73 dan siklus II sebesar 82,73.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis argumentasi, investigasi kelompok, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2010 07:30
Last Modified: 14 Nov 2010 16:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8512

Actions (login required)

View Item View Item