PEMANFAATAN METODE KUNJUNGAN (FIELD TRIP) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI I SAMBUNGMACAN SRAGEN

LESTARI, TRI (2010) PEMANFAATAN METODE KUNJUNGAN (FIELD TRIP) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII-G SMP NEGERI I SAMBUNGMACAN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060186.pdf

Download (160kB)
[img] PDF
A310060186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui peningkatan pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri I Sambungmacan dengan metode field trip, (2) mengetahui keaktifan siswa kelas VII-G SMP Negeri I Sambungmacan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan metode field trip, dan (3) mengetahui kendala siswa kelas VII-G SMP Negeri I Sambungmacan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan metode field trip. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VII-G SMP Negeri I Sambungmacan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Obyek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan deskrispsi dengan metode field trip. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Sambungmacan. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes, dan wawancara. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan deskripsi kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Data tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tindakan dalam setiap siklus dengan indikator yang sudah ditetapkan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) penerapan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Hal ini ditandai dengan hasil karangan siswa yang semakin berbobot dan nilai menulis siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai tertinggi diperoleh 1 orang siswa dengan nilai 80, sedang nilai terendah diperoleh 1 orang siswa dengan nilai 60, ketuntasan hasil belajar menulis deskripsi siswa mencapai 44,12 % atau 15 siswa. Pada siklus II nilai tertinggi diperoleh 1 orang siswa dengan nilai 80 sedang nilai terendah ada 3 siswa dengan nilai 66. Ketuntasan hasil belajar menulis deskripsi siswa mencapai 85,29% atau 29 siswa, (2) penerapan metode field trip dapat meningkatkan keaktifan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri I Sambungmacan. Hal ini ditandai dengan presentase keaktifan, semangat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 65% atau cukup, sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 75% atau baik, dan (3) kendala yang dihadapi dalam penerapan metode field trip: a) memerlukan persiapan yang melibatkan pihak lain, b) sebagian siswa putra belum melakukan kunjungan secara maksimal, dan c) memerlukan pengawasan yang ketat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Field trip, pretes, siklus, punishment, dan reward
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 09:35
Last Modified: 14 Nov 2010 17:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item