TINJAUAN PRAGMATIK TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM SCRIP ADA APA DENGAN CINTA? KARYA RUDI SOEDJARWO

PURWANTI , MEILA (2010) TINJAUAN PRAGMATIK TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM SCRIP ADA APA DENGAN CINTA? KARYA RUDI SOEDJARWO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060184.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A310060184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk tindak tutur direktif dan mengidentifikasi makna tindak tutur direktif dalam scrip Ada Apa Dengan Cinta? karya Rudi Soedjarwo. Penyediaan data menggunakan metode simak. Teknik lanjutan menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Analisis data menggunakan metode padan intralingual dan padan ekstralingual. Metode padan intralingual digunakan untuk menganalisis tuturan scrip dan padan ekstralingual digunakan untuk menganalisis makna, maksud, dan tujuan tuturan scrip. Hasil penelitian ditemukan bentuk tindak tutur direktif di dalam scrip meliputi, tindak tutur menyuruh, menasihati, meminta izin, mengingatkan, memaksa, merayu, menantang, menyarankan, memohon, memperingatkan, menganjurkan, mengharap, mengajak, menyela, menegur, memarahi, menagih janji, mempersilakan, mengusir, menginterogasi, dan melarang. Faktor yang mempengaruhi terjadinya tuturan antara lain, (a) faktor penutur/ mitra tutur, (b) faktor isi tuturan, (c) faktor tujuan pertuturan, (d) faktor suasana atau latar pertuturan, (e) faktor status sosial, (f) faktor jarak sosial, dan (g) faktor intonasi. Sebuah tindak tutur dapat dipengaruhi oleh salah satu faktor, atau beberapa faktor.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: scrip, bentuk tindak tutur dan makna tindak tutur.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 09:32
Last Modified: 14 Nov 2010 17:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8479

Actions (login required)

View Item View Item