PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS X 5 SMA NEGERI 2 PATI

Mursito, Bambang. (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS X 5 SMA NEGERI 2 PATI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
S200070084.pdf

Download (575kB)
[img] PDF
S200070084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Pati setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan media surat kabar?, dan (2) bagaimanakah perubahan minat siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Pati dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan media surat kabar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Pati setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan media surat kabar dan mendeskripsikan perubahan minat siswa kelas X5 SMA Negeri 2 Pati selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yaitu tindakan siklus I, siklus II, dan tindakan siklus III. Tiap-tiap siklus erdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan adalah lembar tugas yang berisi perintah menulis cerpen, sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerpen menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan media surat kabar sebesar 31,92%. Nilai rata-rata kelas pada tahap pratindakan sebesar 60,62 dan mengalami peningkatan sebesar 7,40% menjadi 65,11 pada siklus I. Kemudian pada tindakan siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 22,82% menjadi 79,97. Adapun pada tindakan siklus III mengalami peningkatan ,56%, yaitu menjadi 81,83. Setelah digunakan pendekatan keterampilan proses dengan media surat kabar, terjadi perubahan perilaku belajar siswa ke arah positif. Peningkatan tersebut tercermin pada hasil observasi dengan rata-rata 39,24% pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil observasi meningkat menjadi 82,29%. Adapun pada siklus III hasil observasi meningkat dengan rata-rata 93,75%. Dengan demikian dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 54,51%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, pendekatan keterampilan proses, media surat kabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Aug 2010 09:15
Last Modified: 14 Nov 2010 17:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item