PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN TEKNIK RANGSANG GAMBAR DAN SUMBANG KATA PADA SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 1 JATEN TAHUN AJARAN 2009/2010

Wulandari , Ajeng (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN TEKNIK RANGSANG GAMBAR DAN SUMBANG KATA PADA SISWA KELAS VII E DI SMP NEGERI 1 JATEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060167.pdf

Download (287kB)
[img] PDF
A310060167.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, dengan penerapan teknik rangsang gambar dan sumbang kata. Rumusan permasalahan pada penelitian ini, bagaimana meningkatkan keaktifan dan kemampuan menuulis puisi dapat meningkat setelah teknik rangsang gambar dan sumbang kata diterapkan pada siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Jaten. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa, subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru bahasa Indonesia, subjek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu; (1) Keaktifan siswa dalam mengungkapkan makna dalam puisi meningkat, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 11,7%, pada tahap siklus I sebesar 41,2%, dan pada tahap siklus II sebesar 82,4%. Keaktifan siswa dalam bertanya mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 23,5%, pada tahap siklus I sebesar 44,1%, dan pada tahap siklus II sebesar 73,5%. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan juga mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 26,5%, pada tahap siklus I sebesar 50%, dan pada tahap siklus II sebesar 79,4%. (2) Kemampuan siswa menggunakan kata-kata puitis meningkat, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 23,5%, pada tahap siklus I sebesar 44,2%, dan pada tahap siklus II sebesar 73,5%. Kemampuan siswa menentukan judul puisi sesuai dengan tema mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 44,2%, pada tahap siklus I sebesar 76,5%, dan pada tahap siklus II sebesar 88,2%. Kemampuan siswa menulis puisi hasil karanya sendiri juga mengalami peningkatan, yaitu: pada tahap pra siklus sebesar 70,6%, pada tahap siklus I sebesar 88,2%, dan pada tahap siklus II sebesar 97,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, teknik rangsang gambar, sumbang kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 08:48
Last Modified: 14 Nov 2010 17:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item