METODE 5W+1H UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010

SURYATI , SRI (2010) METODE 5W+1H UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060090.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
A310060090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun 2009/2010. 2) Memaparkan penerapan metode 5W+1H dalam meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Boyolali Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010 mulai bulan Desember 2009 sampai Maret 2010. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIIIB pada semester 2. Metode Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview/wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan metode analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) Reduksi Data, (2) Sajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil simpulan bahwa 1) Terdapat peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Boyolali setelah diadakan penelitian keterampilan menulis berita dengan metode 5W+1H. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata di setiap penelitian. Pra siklus nilai rata-rata sebesar 65,20, Siklus 1 sebesar 67,93, dan Siklus 2 sebesar 76,83. 2) Sikap atau perilaku siswa mengalami perubahan dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Kesiapan siswa dalam menerima pelajaran belum terlihat pada siklus 1, siswa masih memperlihatkan perilaku negatif, seperti berbicara sendiri dengan teman sebangkunya, tiduran dan lain sebagainya. Pada siklus 2, mereka sudah siap menerima pelajaran, siswa menjadi lebih akrab dengan guru (peneliti) dan senang menerima pelajaran bahkan berani bertanya maupun berkomentar. Dengan demikian, terjadi peningkatan perubahan sikap atau perilaku siswa dari perilaku negatif menjadi positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode 5W+1H, keterampilan menulis berita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2010 05:05
Last Modified: 14 Nov 2010 17:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item