PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PEMENTASAN DRAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN 2009/ 2010

SUSILOWATI , TRI (2010) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PEMENTASAN DRAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN 2009/ 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060040.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A310060040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran pementasan drama melalui metode Role Playing pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun 2009/ 2010, dan (2) meningkatkan kualitas hasil pembelajaran pementasan drama melalui metode Role Playing pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun 2009/ 2010. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Banyudono dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas X Akuntansi 2. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah embedded case study research (studi kasus terpancang). Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang keterampilan siswa dalam melakukan pementasan drama, minat dan motivasi, serta keaktifan siswa dalam bermain drama. Sumber data meliputi informan, tempat dan peristiwa, dokumen atau arsip, dan hasil tes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan atau observasi, wawancara, dokumen tertulis atau arsip, dan tes subjektif. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan teknik analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Role Playing mampu meningkatkan kualitas proses dalam pembelajaran pementasan drama. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya minat dan motivasi siswa mulai dari siklus I sebesar 58,97%, dan siklus II sebesar 82,05%. Di samping itu, keaktifan siswa juga meningkat mulai dari siklus I sebesar 38,46%, dan siklus II sebesar 64,10%. Selain meningkatkan kualitas proses pembelajaran, penelitian dengan metode ini juga dapat meningkatkan kualitas hasil dalam pembelajaran pementasan drama. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas mulai dari kegiatan pratindakan sebesar 51,87, siklus I sebesar 69,13, dan siklus II sebesar 78,76.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pementasan drama, Role Playing, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 09:18
Last Modified: 14 Nov 2010 17:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item