PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010

ASTARI, RINA WERDI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310060037.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
A310060037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah yaitu (1) apakah penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puisi kelas X SMA Negeri I Gemolong, (2) apakah penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri I Gemolong. Tujuan penelitian ini yaitu (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan penggunaan model pembelajaran mind mapping kelas X SMA Negeri I Gemolong, (2) meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas X SMA Negeri I Gemolong. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri I Gemolong. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 46,87% atau 15 siswa yang aktif ditunjukkan dari antusiasme siswa bertanya dan menjawab pertanyaan guru. 28,12% atau 9 siswa hanya menjawab pertanyaan dari guru, dan 18,75% atau 6 siswa lainnya tidak memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus II siswa yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan sebesar 59,37% atau 22 siswa, dan 24,24% atau 8 siswa hanya menjawab pertanyaan dari guru. Di samping itu, penerapan model pembelajaran mind mapping dapat memacu guru lebih terampil mengelola kelas. (2) Penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata menulis siswa yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 76,93, meningkat menjadi 80,59 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 09:15
Last Modified: 14 Nov 2010 17:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item