PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PILANGSARI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas)

SETIAWAN , ANDI (2010) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PILANGSARI 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050165.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
A310050165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Media gambar berseri adalah media yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa. Media ini menyajikan gambar yang berurutan sehingga dapat menyajikan informasi yang nyata dan lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media gambar berseri untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil keterampilan menulis karangan narasi pada siswa. Data dalam penelitian ini adalah karangan siswa dan catatan mengenai proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Sumber data diperoleh dari kegiatan pembelajaran, siswa, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, penugasan, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditunjukan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kualitas proses keterampilan menulis karangan narasi pada siswa, yang meliputi perhatian siswa, aktivitas siswa dan peran guru dalam pembelajaran menulis meningkat. Penelitian ini juga menunjukan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kualitas hasil keterampilan dalam menulis karangan narasi pada siswa yang meliputi lima aspek, yaitu perbuatan, latar, alur, tokoh, dan sudut pandang. Keterampilan siswa dalam menceritakan aspek perbuatan meningkat, pada siklus I 59,26%, pada siklus II menjadi 73,88%, pada siklus III menjadi 85,18%. Keterampilan siswa dalam menceritakan aspek latar meningkat, pada siklus I 59,26%, pada siklus II menjadi 76,92%, pada siklus III menjadi 88,89%. Keterampilan siswa dalam menceritakan aspek alur meningkat, pada siklus I 66,67%, pada siklus II menjadi 80,77%, pada siklus III menjadi 88,89%. Keterampilan siswa dalam menceritakan aspek tokoh meningkat, pada siklus I 59,26%, pada siklus II menjadi 73,88%, pada siklus III menjadi 81,48%. Keterampilan siswa dalam menceritakan aspek sudut pandang meningkat, pada siklus I 62,96%, pada siklus II menjadi 73,88%, pada siklus III menjadi 81,48%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media gambar berseri dan karangan narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 08:39
Last Modified: 14 Nov 2010 17:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item