PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010)

MIRANTI, SUCI AMIN (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060267.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
A410060267.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kreativitas siswa mengemukakan ide untuk memecahkan masalah sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 2) kreativitas siswa menyelesaikan soal-soal dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 11,76 % setelah tindakan meningkat menjadi 61,76 %, 3) kreativitas siswa menjawab pertanyaan guru dari gagasan aslinya sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 64,71 %, 4) kreativitas siswa dalam melakukan hal-hal secara terperinci sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 5) kreativitas siswa memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 50 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, alat peraga, kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 05:08
Last Modified: 14 Nov 2010 18:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item