IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING DAN GUIDED TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR (Pada Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sumberlawang)

RATMINI, RATMINI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING DAN GUIDED TEACHING DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR (Pada Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sumberlawang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060244.pdf

Download (132kB)
[img] PDF
A410060244.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Strategi pembelajaran Guided Teaching dan Synergetic Teaching terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran Guided Teaching dan Synergetic Teaching ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Semester II SMP N 1 Sumberlawang tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Strategi pengumpulan data yang digunakan adalah strategi tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan strategi lilliefors untuk uji normalitas dan strategi bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran Guided Teaching dan Synergetic Teaching terhadap prestasi belajar matematika, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Guided Teaching dan Synergetic Teaching ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 02:27
Last Modified: 14 Nov 2010 18:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item