KONTRIBUSI KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 1 NGAWEN KLATEN Thn. 2009/2010

WULANDARI , HENY (2010) KONTRIBUSI KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 1 NGAWEN KLATEN Thn. 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060229.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A410060229.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menganalisis dan menguji kontribusi secara tidak langsung variabel kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui kemampuan numerik, (2) menganalisis dan menguji kontribusi secara langsung variabel kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap kemampuan numerik, (3) menganalisis dan menguji kontribusi yang nyata variabel kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika. Subyek penelitian ini semua siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngawen sebanyak 222 siswa. Sedangkan sampelnya sebanyak 140 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan: metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyaratan analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas dengan metode liliefors dan uji linearitas regresi yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil sebagai berikut: (1) tidak terdapat kontribusi secara tidak langsung variabel kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui kemampuan numerik dengan koefisien jalur = 0,113, (2) terdapat kontribusi secara langsung variabel kedisiplinan belajar dan minat belajar terhadap kemampuan numerik dengan koefisien jalur = 0,075, (3) terdapat kontribusi yang nyata antara variabel kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien jalur = 0,167.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerik, Prestasi, Disiplin, Minat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 07:56
Last Modified: 14 Nov 2010 18:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item