UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 SUMBERLAWANG (PTK pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 4 Sumberlawang)

SETYARINI , WAHYU ESTI (2010) UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 SUMBERLAWANG (PTK pada siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 4 Sumberlawang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img] PDF
A410060228.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A410060228.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif. Subyek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VII dan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII yang berjumlah 39 siswa. Peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa adalah objek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa. Adanya peningkatan motivasi dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi : 1) Antusias belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika sebelum tindakan 51,3 % dan diakhir tindakan 79,5 %, 2) Siswa mau mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan 53,8 % dan diakhir tindakan 71,8 %, 3) Siswa berani menanyakan materi yang belum jelas kepada guru ataupun siswa lain sebelum tindakan 25,6 % dan diakhir tindakan 51,3 %, 4) Siswa berani menjawab pertanyaan guru maupun dari siswa lain sebelum tindakan 38,5 % dan diakhir tindakan 59 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 07:52
Last Modified: 14 Nov 2010 18:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item