Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Erosi Sebagai Dasar Pengetahuan Bencana Di Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar

Mubarok, Alwi and , Siti Azizah Susilawati, S.Si., MP. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Erosi Sebagai Dasar Pengetahuan Bencana Di Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan media pembelajaran video animasi materi erosi di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar, (2) mengetahui hasil belajar menggunakan pengembangan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan pengetahuan bahaya erosi bagi peserta didik di SMA Muhammadiyah 5 Karanganyar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan menggunakan rancangan Thiagarajan model 4D yang dimodifikasi menjadi model 3D (Define, Design, Development). Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design, dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol 27 siswa pada kelas X 1 dan kelas eksperimen sebanyak 27 siswa pada kelas X 2. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan tes dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) define berisi tentang uji kebutuhan guru dan siswa, design berisi tentang rancangan video yang telah dianalisis sesuai uji kebutuhan, dan development berisi tentang validasi untuk mengetahui video tersebut layak digunakan. Pengembangan media ajar melalui penilaian produk yang dilakukan oleh ahli materi memiliki rata-rata 4,2 yang termasuk kategori “baik”, ahli media dengan rata-rata 4,1 yang termasuk kategori “baik”. (2) Hasil Paired samles T-test kelas kontrol dan ekperimen yang menunjukan nilai signifikan 0,000 sehingga < 0.05 maka H1 diterima, yakni terjadi perbedaan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi erosi. Hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberikan dengan metode ceramah menunjukan nilai pretest sebesar 60,18 dan posttest sebesar 74,25. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran animasi hasil pengembangan produk dari penelitian ini menunjukan pretest sebesar 62,03 dan posttest sebesar 76,29. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data, Informasi, Perpustakaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ALWI MUBAROK
Date Deposited: 05 Aug 2020 01:24
Last Modified: 05 Aug 2020 01:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83937

Actions (login required)

View Item View Item