Rancangan Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) 12 Slot 8 Pole Dengan Menggunakan Software Magnet Infolytica 7.5

Kholis, Mohamad Nur and , Aris Budiman, S.T., M.T. (2020) Rancangan Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) 12 Slot 8 Pole Dengan Menggunakan Software Magnet Infolytica 7.5. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Muh Nur Kholis.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Generator adalah suatu alat atau mesin yang mengonversi energi mekanik menjadi energi listrik, dengan proses induksi elektromagnetik. Perancangan generator menggunakan software sangat berguna karena mampu menyimulasikan diameter, material, ketebalan, jumlah lilitan dan kecepatan putar generator, sehingga saat melakukan pembuatan generator bisa mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi. Generator sinkron magnet permanent / Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) merupakan salah satu komponen utama Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB) di PT. Lentera Bumi Nusantara. Pada topik ini akan dilakukan perancangan Permanent Magnet Synchronous Generator (PMSG) dengan menggunakan software MagNet Infolytical 7.5. Rancangan akan dibuat dengan menggunakan kombinasi pemodelan 12 slot 8 pole (12S8P) dan disimulasikan pada software MagNet Infolytical 7.5. Generator dapat digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) karena dapat bekerja pada putaran rendah, dengan kecepatan angin yang fluktuatif generator tersebut dapat menghasilkan energi listrik skala mikro. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hasil pengujian rancangan generator sinkron magnet permanent dengan dilakukan pengujian secara simulasi tanpa beban, simulasi variasi beban dan variasi RPM. Berdasarkan hasil uji simulasi tanpa beban didapatkan nilai tegangan tertinggi sebesar 361,8 volt dengan kecepatan 2000 rpm, sedangkan uji simulasi berbeban dilakuakn analisa dengan melihat grafik besaran tegangan, daya input dan daya keluaran. Didapatkan efisiensi terendah 83 % dan tertinggi 89 % pada generator.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PMSG, 12 slot 8 pole, PLTB, MagNet Infolytical
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: MOHAMAD NUR KHOLIS
Date Deposited: 02 Aug 2020 23:59
Last Modified: 12 Aug 2020 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83911

Actions (login required)

View Item View Item