PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu)

JATMOKO , JATMOKO (2010) PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060205.pdf

Download (102kB)
[img] PDF
A410060205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada bangun ruang sisi datar dengan menggunakan Metode Everyone is Teacher Here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) antusiasme dalam belajar sebelum tindakan sebesar 40,54%, putaran I sebesar 62,16%, putaran II sebesar 86,49%, putaran III sebesar 94,59 %, 2) mendengarkan penjelasan dari guru sebelum tindakan sebesar 67,57%, putaran I sebesar 72,97%, putaran II sebesar 83,78%, putaran III sebesar 91,89%, 3) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebesar 5 siswa 13,51%, putaran I sebesar 24,32%, putaran II sebesar 43,24%, putaran III sebesar 62,16%, 4) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebesar 18,92%, putaran I sebesar 29,73%, putaran II sebesar 51,35%, putaran III sebesar 67,58%, 5) menanyakan yang belum jelas sebelum putaran 8,11%, putaran I sebesar 21,62%, putaran II sebesar 35,14%, putaran III sebesar 59,46%. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode Everyone is Teacher Here dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, pembelajaran matematika, Everyone is Teacher Here
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 05:32
Last Modified: 14 Nov 2010 18:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item