PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA (Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Gemolong Kelas VII Semester Genap)

SARI , DESY PUSPITA (2010) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA (Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Gemolong Kelas VII Semester Genap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060203.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A410060203.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode GI dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode GI dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 2 Gemolong tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode Lavene’s test of equality of error variances untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran GI dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4,899, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 4,118, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 2,402.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 05:29
Last Modified: 14 Nov 2010 18:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item