Perbandingan Keputusan Diagnosis Penyakit Gigi dan Jaringan Pendukung Gigi Antara Mahasiswa S1 dan Mahasiswa Profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Ningtyas, Adhelia Ayu and -, Drg. Dendy Murdiyanto, MDSc (2020) Perbandingan Keputusan Diagnosis Penyakit Gigi dan Jaringan Pendukung Gigi Antara Mahasiswa S1 dan Mahasiswa Profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PENYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Diagnosis adalah penentuan jenis penyakit yang diderita pasien. Dokter gigi menentukan diagnosis melalui pemeriksaan subyektif, obyektif dan pemeriksaan penunjang. Tahap pendidikan dokter gigi yaitu jentang S1 menggunakan sistem pembelajaran terintegrasi (kuliah, praktikum, skills lab, diskusi kelompok kecil dengan metode seven jump), dan dijenjang Profesi langsung menangani pasien di klinik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan keputusan diagnosis penyakit gigi dan jaringan pendukung gigi antara mahasiswa Profesi dan S1 di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian ini ialah jenis penelitian yang bersifat survei analitik dengan cross sectional study design, dengan sampel sebanyak 124 mahasiswa yang memenuhi kriteria retriksi yang ditentukan oleh peneliti yaitu mahasiswa S1 minimal semester 7 sebanyak 62 mahasiswa dan mahasiswa profesi yang telah menangani requirement kasus penyakit lebih dari 50% sebanyak 62 mahasiswa. Penelitian menggunakan kuesioner dengan scooring tertinggi nilai “25” dan terendah “0”, dengan analisis data menggunakan uji statistik Mann–Whitney. Hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig < 0,05 sehingga didapatkan perbedaan yang signifikan didalam penentuan keputusan diagnosis antara mahasiswa S1 dan mahasiswa Profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dilihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata mahasiswa S1 yaitu 17,95 dengan jumlah nilai 1113, sedangkan nilai rata–rata mahasiswa profesi yaitu 21,10 dengan jumlah nilai 1308, sehingga nilai rata-rata mahasiswa profesi lebih tinggi di bandingkan dengan nilai mahasiswa S1. Kesimpulan terdapat perbedaan keputusan diagnosis penyakit gigi dan jaringan pendukung gigi antara mahasiswa S1 dan mahasiswa Profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diagnosis, mahasiswa S1, mahasiswa profesi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: ADHELIA AYU NINGTYAS
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:27
Last Modified: 28 Jul 2020 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83830

Actions (login required)

View Item View Item